Obat Alami Penanganan Pertama Diare

Diare merupakan penyakit yang sering dialami banyak orang. Penyakit ini ditandai dengan bentuk feses yang cair, sehingga mengharuskan penderitanya bolak – balik menuju kamar mandi saat buang air besar. Diare dapat terjadi kepada siapa saja baik orang dewasa maupun anak – anak. Adapun ciri – ciri seseorang mengidap diare diantaranya, feses yang lembek atau bahkan cair, sakit perut, dehidrasi, dan terus menerus bolak – balik ke toilet. Gejala diare juga biasa diikuti dengan perut kembung, mual, dan demam.

Beberapa kebiasaan yang dapat membuat seseorang rentan terkena diare diantaranya, jarang mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, sehingga memudahkan kuman/bakteri masuk bersamaan dengan makanan yang disantap. Lalu, penyajian dan penyimpanan makanan yang tidak bersih, sehingga memicu adanya bakteri yang melekat pada makanan. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan juga patut diamati. Karena, lingkungan yang bersih membuat kita nyaman dan terhindar dari berbagai macam bentuk penyakit.

Obat Alami Untuk Diare Anak

Ketika diare mulai menyerang tubuh kita, anda tidak perlu khawatir, kita juga dapat mengolah obat – obatan alami yang tepat untuk penanganan pertama ketika kita mengalami diare tanpa harus membeli obat diare ke apotik terdekat. Berikut beberapa obat alami alternatif pengganti obat kimia yang dapat anda buat sendiri di rumah, yaitu :

  1. Jahe

Jahe merupakan rempah – rempah yang sangat mudah di dapat dalam keseharian kita, apakah anda tahu, jahe juga dapat menjadi obat bagi penderita diare. efek pedas yang terdapat pada jahe, dapat menghangatkan perut. Cara membuat air rebusan jahe pun terbilang cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan satu ruas jahe yang telah dibersihkan, kemudian parut. Anda bisa langsung mengkonsumsinya langsung dengan sedikit diberi tambahan madu. Bagi yang tidak suka mengkonsumsinya langsung, anda bisa merebusnya lalu meminum air hasil rebusan.

  1. Cuka Apel

Cuka apel terbuat dari ekstak buah apel yang telah difermentasi. Fermentasi ini menghasilkan senyawa pektin  yang dapat membantu melawan bakteri penyebab diare. Cuka apel dinilai berkhasiat dapat mengatasi diare, anda dapat mencoba dengan mengkonsumsinya 1 hingga 2 sendok teh cuka apel dengan mencampurkannya kedalam segelas air.

  1. Buah Pisang

Pisang memiliki serat yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan pepaya. Dalam buah pisang juga terdapat kandungan pektin seperti cuka apel yang dapat membuat feses anda menjadi keras. Selain mengandung pektin, buah pisang juga mengandung kalium tinggi yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan.

Selain dari pisang. untuk menjadikan feses kita padat, kita juga dapat mengkonsumsi roti dan nasi. Roti dan nasi memiliki kandungan serat yang rendah seperti pisang, sehingga tinja akan menjadi lebih padat ketika kita banyak mengkonsumsinya.

  1. Habbatussauda (Jintan Hitam)

Jintam hitam atau habbatussauda terkenal banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, bahkan diare. Cara mengkonsumsinya terbilang cukup mudah, dengan mencampurkan satu sendok teh habbatussauda dengan yoghurt.

Berikut beberapa cara alami yang dapat anda lakukan dirumah untuk mengatasi diare. Adapun, selain menggunakan obat – obatan alami yang dapat anda racik sendiri dirumah, ingat. Penderita diare, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kafein dan alkohol ketika sedang diare, mengkonsumsi sayur – sayuran yang mengandung gas seperti brokoli dan kol, makan makanan berlemak ataupun pedas. Karena akan memperparah diare yang diderita. Apabila diare tak kunjung sembuh, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *